Sabtu, 07 Mei 2011

Mengoperasikan Sistem Operasi berbasis GUI

GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.


Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.

Jika kita ingat lagi, sistem operasi berbasis teks adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.

Jadi, GUI merupakan antarmuka yang menggunakan input dari berbagai macam alat input untuk bisa berinteraksi dengan komputer tersebut. sedangkan yang bebrbasis teks lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server, misalnya untuk pengaturan mikrotik dan server aplikasi lainnya. Karena menggunakan Teks dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan baris perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi, untuk orang yang masih awam menggunakan mode Teks masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.

* Windows Operating System
Microsoft Windows adalah software system operasi yang berfungsi sebagai dasar dalam pengoperasian suatu aplikasi atau software. Dengan adanya system operasi menyebabkan operasi komputer akan lebih mudah, efektif dan efisien untuk dijalankan, karena disajikan dengan metode GUI (Graphic User Interface) yaitu dengan mode grafik, tampilan yang berbentuk gambar dan lambang (icon atau shorcut) yang mudah dimengerti, ditambah lagi dengan icons tips (teks/ tulisan dari suatu icon/ shortcut yang sedang aktif.
Seperti diketahui, Windows Operating System sudah berbasis 32 bit tidak lagi memerlukan DOS untuk menjalankannya karena system tesebut sudah terintegrasi langsung pada system windows, sehingga begitu komputer dijalankan (dihidupkan) secara otomatis akan masuk ke Windows. Sebagai pertama tampil Desktop Windows (tampilan awal), seperti berikut :
Gambar Desktop Windows
Keterangan : - Shortcut : yaitu kumpulan program (folders) ata satu program eksekusi yang dapat langsung dibuka dan dijalankan.
- Icon : merupakan lambang atau gambar yang mengandung perintah eksekusi tertentu.
- Start : adalah tombol windows yang berfungsi untuk mengawali atau mengakhiri eksekusi operasi Windows.
- StartUp : adalah eksekusi yang langsung dapat dijalankan pada saat pertama kali windows dijalankan.
- Wallpaper: yaitu tampilan dasar windows, dalam keadaan standard akan tampil logo windows, namun bisa ganti sesuai keinginan user.
Dalam pengoperasian windows dapat dilakukan dengan 2 instrumen yaitu :
1. Dengan menggunakan keyboard (cara klasik) yaitu dengan kombinasi Tombol Alt + huruf beda (tertentu) dari menu yang dijalankan.
2. Dengan menggunakan mouse yaitu dengan meng-klik (menekan tombol mouse). Tombol kiri mouse berfungsi sebagai eksekusi akhir (sama dengan enter pada keyboard) sedangkan tombol kanan merupakan tombol eksekusi awal (khusus) yang baru berfungsi pada saat / area tertentu.
Desktop merupakan pusat kontrol bagi windows, apabila kita ingin mengoperasikan sebuah program kita dapat mengklik langsung dari tombol Strart
Bila tombol diatas anda klik satu kali dengan left button pada mouse, maka akan muncul Menu Start. Terkadang ketika anda menekan tombol right button pada mouse dilayar desktop, mungkin secara tidak sengaja, dilayar tersebut akan muncul menu Pop-up, dan untuk menghilangkan menu tersebut, kita tinggal menekan tombol left button pada mouse didaerah lain.

Didalam menu Start ini, kita dapat melihat aplikasi bawaan Windows 98, seperti: Shut down, Run, Help, Find, Setting, Document dan Program. Menu Start ini mempunyai level-level (tingkatan-tingkatan) sesuai dengan aplikasi yang aktif didalamnya, seperti yang dapat kita lihat bila membuka salah satu program aplikasi bawaan yang terdapat didalam menu tersebut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar